cinta dan sayang, apa bedanya?

Entah sejak kapan pertanyaan ini berulang kali muncul disaat ‘diskusi topik gak penting’ bersama teman-teman. “Mana lebih dulu? sayang atau cinta?”, “mana lebih ikhlas, sayang ato cinta?”, “apakah cinta itu sama dengan sayang?”

Cinta selalu di persepsikan sesuatu yang lebih tinggi dari sayang. Kalau kita peta-kan ke dalam bahasa Inggris, (menurut dictionary.com) cinta dan sayang itu sama-sama ‘LOVE’.

Mungkin sayang adalah cinta berkadar lebih rendah, atau sebaliknya? hehehe entahlah.. yang jelas keduanya sulit untuk didefinisikan karena sangat subjective. Si Budi yang lagi patah hati, mungkin akan bilang cinta itu menyakitkan; Wati yang sedang jatuh cinta, selalu tersenyum dan pasti akan bilang cinta itu membuat hari2 semakin berwarna.

cinta dan sayang adalah ungkapan rasa, lepas dari definisi  formal yang mengikat arti kedua kata tersebut; menurut gw kedua kata tersebut lebih tepat untuk di implementasikan dalam suatu perbuatan. Apapun bentuknya, segala perbuatan yang dilakukan dengan cinta dan/atau sayang selalu berbuah keindahan; apapun bentuknya. Karena cinta dan/atau sayang melahirkan keikhlasan.

~ by Hiro Whardana on February 18, 2008.

Leave a comment